Profil Desa Kawat

Desa Kawat adalah sebuah desa yang terletak di Daerah Aliran Sungai Kapuas. Masuk dalam wilayah Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Desa dengan jumlah penduduk 2.697 jiwa (data desa Agustus 2019) secara geografis memiliki luas wilayah 2.467 Hecto Are serta sebelah utara berbatasan dengan Desa Cempedak dan Desa Sejotang, Sebelah timur berbatasan dengan Desa Pedalaman, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pulau Tayan Utara dan Desa Belungai Dalam Kecamatan Toba dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Sejotang.

Desa Kawat memiliki topografi beragam, mulai dari bukit-bukit dengan kemiringan rata-rata 55% dan berada pada ketinggian rata-rata 400-700 dpl, serta rawa-rawa gambut.

Desa Kawat terbagi atas Tiga (3) yakni Dusun Kawat, Dusun Pebaok dan Dusun Serama yang terdiri dari 9 RT.

Pertanian yang ada di Desa Kawat utamanya adalah Padi (Persawahan) Serta Lahan Berpindah, selain itu terdapat pula hasil pertanian seperti Karet dan Kelapa Sawit. Desa Kawat juga menghasilkan produk perikanan air tawar, terutama dihasilkan oleh nelayan sungai yang biasa menangkap ikan di di Sungai Kapuas, serta Ikan Tangkaran dalam Keramba dan Bak (Kolam Terpal).

Suku Bangsa Warga Desa Kawat di dominasi oleh Suku Dayak dan Melayu, selain itu juga terdiri atas Etnis Tionghoa, Suku Jawa, Sunda, Batak dan berbagai suku lainnya.